Kamis, 25 Juni 2009

Telekomunikasi Seluler di New Zealand

Setiap akan berangkat ke luar negeri, kita sering menanyakan apa ya operator yang cocok saat saya nanti berada di sana? Begitu pula dengan kami yang di New Zealand. Saat pertama kali datang dari Indonesia ke New Zealand saya juga mengalami kesulitan dalam hal ini. Artikel ini mudah-mudahan bermanfaat bagi yang mau berangkat ke sini.

Jika kita berangkat dari Indonesia, sebenarnya hampir semua operator dari Indonesia bisa dipakai di sini. Hanya saja sepanjang pengalaman saya, kartu XL (Excelcomindo Pratama) dan Three bisa langsung digunakan di New Zealand tanpa harus mensettingnya terlebih dulu di negara asal. Ini karena sudah ada kerja sama antara XL dengan Vodafone. Sedangkan untuk Indosat dan Telkomsel sungguh sayang, bisa sih bisa tapi ada yang harus registrasi dulu di Indonesia dan sinyalnya hilang-hilang.

Ada dua operator besar di New Zealand yang melayani telekomunikasi seluler, yaitu Vodafone dan Telecom. Ada perbedaan mendasar antara Vodafone dan Telecom, kalau Vodafone adalah layanan GSM, sedangkan Telecom adalah sejenis CDMA di Indonesia.


Harga SIM Card starter packnya kurang lebih NZ$ 35, cukup mahal sih memang. Tapi tak apa-apa yang penting bisa berkomunikasi dengan keluarga kita di Indonesia.

Untuk masalah handphone atau handset yang cocok, jangan khawatir, hape butut Anda dari Indonesia juga bisa Anda gunakan di sini. Tapi saya sarankan berhati-hati jika membawa HP Motorola dari Indonesia karena biasanya suka ngadat karena tidak support dengan operator lokal yang ada di New Zealand.

Kebanyakan orang di Wellington menggunakan HP Nokia, Samsung, dan LG. Motorola juga ada tapi jarang saya lihat.

0 komentar:

About This Blog

About This Blog

  © Blogger templates 'Sunshine' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP