Jumat, 29 Januari 2010

Mudahkan Mencari Apartment di New Zealand? (Tips Trick dan Serba-Serbi tentang Apartmen/Flat di New Zealand)

Pertanyaan ini menjadi satu hal yang sulit untuk di jawab. Tapi mengurus perceraian sepertinya terasa lebih mudah dibandingkan dengan mencari atau pindah flat/apartment baru di negara ini. Masa-masa sulit mencari akomodasi biasanya dialami oleh oleh orang-orang yang tidak memiliki relasi dan pengetahuan yang cukup tentang negara ini. Kondisi keuangan yang menipis tentunya menjadi kendala tersendiri.

Tulisan ini sebenarnya akan lebih banyak membahas tentang tahap-tahap dan prosedural dalam pencarian flat. Beberapa tips juga akan menghiasi tulisan ini. Silakan dibaca mudah-mudahan ada manfaatnya.


Tahap-tahap dan tips dalam mencari flat di New Zealand

TradeMe Property merupakan satu-satunya website paling lengkap yang menyediakan informasi tentang ketersediaan flat/apartment di Selandia Baru. Beberapa website penyedia informasi ketersediaan flat dan apartment di Selandia Baru atau New Zealand juga bisa Anda lihat di sini. Tips berikut ini mudah-mudahan membantu Anda dalam proses mendapatkan flat/apartment idaman Anda setelah Anda berada di negeri Kiwi ini.

  1. Ada baiknya Anda mendaftar sebagai Member TradeMe.co.nz karena itu tentunya akan lebih mempermudah proses Anda dalam menyimpan dan menghubungi agen/landlord yang mengiklankan apartment/flat yang tersedia di negara ini.
  2. Melalui informasi yang tersedia di website-website tadi, mulailah membuat listing dari flat/apartment yang menurut Anda sesuai dengan selera. Setiap listing mencantumkan harga sewa perweek, jumlah kamar, faslitias yang disediakan, alamat dan contact person yang bisa Anda hubungi. Jika ada email dan nomor telepon atau HP maka hubungi mereka dengan itu. Saya sarankan, buatlah listing minimal 10 (sepuluh) apartment/flat yang akan menjadi target Anda. Ini akan memberikan banyak opsi jika nantinya Anda mengalami kebuntuan.
  3. Hubungi contact person yang sudah Anda catat dalam listing tadi secara intent, baik melalui email, telpon dan SMS. Untuk yang ada di Trademe.co.nz, jika Anda sudah teregister di website mereka, silakan login saja dan Anda akan mendapatkan kemudahan untuk menghubungi agen/advertise secara langsung melalui form yang disediakan website tersebut.
  4. Biasanya agen/advertiser akan memberikan umpan balik berupa email, SMS atau telpon untuk menetapkan hari dan jam kapan bisa dilakukan kunjungan untuk melihat apartment/flat yang ingin Anda tempati secara langsung bersama dengan agen/landlord.
  5. Melakukan kunjungan ke property yang akan Anda sewa. Ini untuk memastikan bahwa apa yang akan Anda lihat sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan. Di sisi lain, kesempatan untuk bertanya kepada landlord atau agen bisa langsung Anda ajukan sehingga menjadi lebih jelas. Dalam proses kunjungan bersama inilah Anda bisa menanyakan besaran Bond (Deposit), sistem pembayaran perminggu atau perdua minggu (fortnightly), sistem electricity, mail box ada di mana, sistem pembuangan sampah, sistem pemanas air, jaringan telepon dan internet dan sebagainya.
  6. Jika terjadi kesepakatan, maka proses selanjutnya adalah membicarakan masalah besaran biaya sewa perweek atau fortnightly (perdua minggu), jumlah biaya bond/deposit yang harus dibayarkan berapa minggu dan sebagainya.
  7. Sign contract sewa menyewa/tenancy. Dalam hal ini biasanya ada dua form yang harus Anda tanda tangani. Pertama adalah form dari agen/landlord yang berisi surat kontrak perjanjian sewa menyewa apartment dan form dari Bond Center yang dikelola oleh pemerintah.
  8. Biaya bond sebenarnya merupakan biaya jaminan yang diberikan oleh penyewa kepada agen/landlord jika nanti terjadi kerusakan dari apartment tempat kita tinggal. Uang ini akan masuk ke Lembaga Bond Center yang dikelola oleh pemerintah. Sifatnya adalah refundable dengan persyaratan bahwa pada saat Anda meninggalkan flat/apartment sesuai dengan masa sewa menyewa yang disepakati, tidak ada kerusakan dari barang-barang yang kita sewa, kondisi flat/apartment kembali bersih dan rapi seperti saat kita masuk pertama kali. Jika syarat ini tidak dipenuhi maka bisa jadi dana bond kita kembali tidak utuh karena terpotong untuk mengcover kerugian agen/landlord karena kerusakan property yang kita sebabkan. Dana bond juga kadang hangus jika kita melanggar surat perjanjian kontrak.
  9. Yeaaa.... kontrak sudah ditandatangani. Selamat menikmati flat baru Anda.
Beban psikologis dan tekanan batin kadang juga menjadi problem yang cukup menyulitkan jika Anda mencari flat untuk beberapa orang sekaligus/kelompok dimana kita bukan merupakan keluarga mereka. Kesukaan dan selera yang berbeda-beda menjadi kendala tersendiri untuk mendapatkan flat. Menurut satu orang cocok, bisa jadi menurut orang lain tidak cocok. Maka dalam hal ini, menentukan ketua tim untuk mencari flat sebagai decision maker sangatlah penting.

Okey, di situ dulu tulisan saya. Jika butuh informasi lebih lanjut silakan hubungi Andoyo dan Eflita Meiyetriani di Link ini.



Posting Terkait

0 komentar:

About This Blog

About This Blog

  © Blogger templates 'Sunshine' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP